14.12.10

idealisme si putih abu-abu

gw anak kuliahan sekarang.
ngebayangin jadi anak kuliahan pas lo masi duduk di bangku sma itu kesannya suatu hal yg keren bgt. lo uda akan bener-bener dianggep dewasa sama orang tua, sama guru, sama semua orang, sama dunia. lo yang akan nentuin sendiri lo akan ke kelas apa ngga hari ini, lo akan kumpulin tugas apa ngga, lo akan belajar buat ujian ato ngga, kelas apa yang akan lo pilih, baju apa yg lo mo pake ke kampus hari ini, hari ini mo rajin ikutin smua kelas, ato enak-enakan lanjut tidur di balik selimut gara2 di luar ujan. semua bener2 lo yg tentuin sendiri, apalagi kalo lo kuliah di tempat yg jauh dari orangtua dan keluarga.

waktu sma gw punya sebuah idealisme 'to present the best of mine' pada saat kuliah. gw mo jadi yg the best kalo bisa, nonjol di antara yg lain, aktif di kegiatan ini-itu, punya temen sebanyak2nya, dan masi banyak lagi. dulu gw heran sama banyak bgt anak kuliahan yg ngejalanin kuliahnya asal-asalan, yg penting lulus s1 dan dapet gelar. gw ga mau jadi kaya gt, karna gw berpikir ini smua mengenai masa depan gw. dan beruntung jg buat gw karna orangtua gw ga maksain anaknya harus ambil jurusan apa, yg mana artinya gw berhak nentuin jurusan apa pun yg emang bener2 gw suka. dan pilihan gw jatuh kepada, graphic design.

dan masalah dimulai pada, gw gak tau mo kuliah dimana. temen2 gw banyak yg mimpi pengen kuliah di ui, itb, unpad, dan uni2 negara lainnya, kalo ga mereka uda tau, gw mo di uph, ato di umn, ato di binus, ato di uni2 swasta lainnya. dan gw bener2 ga tau gw mo kuliah dimana. bokap gw nawarin, mau ga kuliah di luar. gw dengan senang hati ngangguk karna gw pengen banget 'keluar' dan cari suasana lain. secara gw dari tk sampe sma itu di skolah yang sama terus. jadi tawaran bokap gw buat ngirim skolah ke luar negri gw sambut dengan hati senang. sempet ada pilihan antara aussie sama china. dan akirnya aussie dicoret karna biaya hidupnya terlalu tinggi, so here i am, china..

taun pertama gw dateng ke cina gw ga lgs kuliah tapi gw ambil bahasa dulu setaun di china academy of art. ceritanya nanti gw kuliah jg bakal belajar disini. taun ini gw lewatin dengan sedikit terseok2 karna kendala sosial, yaitu teman. di skolah gw yg ini anak indonya cuma gw seorang. ngomong kalo ga pake inggris ya pake chinese. dan waktu itu gw berasa sndiri bgt. dan gitu tau kalo untuk ambil s1 di skolah ini nanti ada tes masuknya, gw lgs jiperr. dan tes masuknya itu adalah ujian gmbar. jujur gw ambil graphic design karna mnurut gw gambar tangan gw ga gt bagus dan graphic design akan berujung dengan klik klik di komputer. tapi gitu tau gw harus lwat ujian gmbar, gw bener2 takut. takut ga lewat dan gw gagal. yauda gw mencoba sekuat tenaga, latian, tanya2 temen2 yg lebi jago, dan saat ujian pun tiba. dan gitu pengumuman, gw gagal.. gw ga diterima dsana, dan gw nangis.

untungnya waktu itu gw uda nyiapin plan b buat daftar di uni lain. zhejiang university. uni ini ada di kota yang sama dan gw tau uni ini dari anak indo yg ada di kota yg sama, yg somehow kita ktemu dan akirnya gw sering hangout bareng sama mereka. untuk daftar di zhejiang university ini ga perlu tes masuk. yg penting diliat level hsk (semacam toefl untuk chinese) dan waktu itu gw daftar untuk jurusan graphic design dan industrial design. untuk graphic design mereka mnt level hsk nya adalah 6, sedangkan hsk gw cm 4 dan telaklah gw ditolak lagi dari jurusan tsb dan akirnya gw masuk ke jurusan industrial design. ga nyesel jg karna setelah dipikir2 industrial design jg akan fun dan kayanya gw lebi tertarik dengan product design daripada graphic design.

dan cerita berlanjut ketika sekarang gw adalah anak zhejiang university dng jurusan industrial design. hari pertama kelas gw excited bgt. akirnya gw bener2 jadi anak kuliah! dandan rapih, pake kemeja, celana jeans, sepatu keds - padahal hari itu panasnya ajubileee dan gw jalan kaki ke kelas, yg pada akirnya setelah selesai pelajaran pertama gw pulang lgs gnti baju barong. dan segalanya berjalan baik2 saja di minggu pertama. kelas gw datengin semua full dengan muka bloon di kelas dan masi dengan pikiran 'gpp lah gw ga ngerti. msi baru minggu pertama ini. pelan2 aja. ntar lama2 pasti bisa jg kog.' daaann, 4bulan pun telah berlalu dan gw makin ga ngerti dengan apa yg diajarin. makin lama bukan makin paham, tapi makin bloon dan makin bloon. mo bikin pr jadi ga bikin karna ga tau gimana cara bikinnya. nanya anak indo disini ga ada yg sejurusan sama gw. nanya anak cina disana gw sama aja ga ngerti pas mereka ngejelasin ulang ke gw. dan gw terkapar tergeletak disini. dan si idealisme anak sma pun mulai datang kepada realita.

gw sekarang mulai ngerti kenapa banyak anak2 kuliah yg akirnya ngejer lulus s1 dan nyari gelar doang. dan gw rasa gw bakal kaya gitu jg. gw uda ga peduli nilai gw berapa yg penting gw bs cepet2 lulus dari sini gw bakal sneng bgt -padahal ini gw semester1 selesai aja belum. and im so dead sama pelajaran disini. dulu gw pikir tar gw kuliah gw bakal belajar hal2 yg gw demen aja. tapi sekarang gw harus belajar math in chinese -yg mana math in indonesian aja gw uda susah ngerti, marxisme, basic computer pake chinese, dan masi banyak subject2 yg ga penting lainnya yg cuma buat nambah2in sks.

dan untungnya sekarang problemnya cuma masalah pelajaran bukan lagi masalah sosial. disini temennya uda oke. uda ada pacar. mereka support, terutama pacar. dan yah, kayanya idealisme si putih abu-abu harus dilupakan.

but at least i still have one idealism left, gw cuma mo bikin bokap nyokap bangga kalo at the end gw bisa jadi someone.

3 comments:

shantycho said...

halo ci :) nama ak shanty, skg masih SMA kls 2. ak ketemu blog cc pas search2 di google ttg zhejiang univ. nah aku berencana nnti mau kuliah disana. ak tertarik bgt sm cerita cc, karena skg masih SMA pikiran ak persis sm cc, dan bingung bgt mau masuk univ apa. cc ak nyaranin masuk ke zhejiang karena kata di hangzhou kotanya bagus bgt dan deket sm guangzhou (tmpt keluarga) trus mandarin aku jg pas2an bgt. ak pengen denger cerita2 cc disana trus ak juga mau konsultasi (specialy ttg industrial design, abis baca blog cc jadi serem bgt mau masuk disana) tp tentunya kalo boleh n ga ganggu cc yah. salam kenal yah ^^

contact me : msn hailthequeen@hotmail.com
yahoo messanger : mailmeshanty@rocketmail.com

cicaak said...

hey shanty, gw uda add ym lo.. feel free to ask ya! :D

Atalya Ticoalu said...

CICAAAAK gue baru main ke blog lo lagi. Aaaa hang in there yaa caa lo pasti bisaaa :D apa harus gue bantuin chinesenya? LOL! :))