14.12.09

gw lagi dalam dilemma berat.
im not really sure gw bs bertahan disini. dengan segala tekanan.

dulu waktu bokp pertama mo kirim gw kesini, gw dengan gmpangnya bilang iya. gw dengan gmpangnya blg tar gw pasti bs lah survive disini. gw dengan gmpangnya bilang gw jg tar bs la dapet temen disini. gw dengan gmpangnya bilang segalanya akan baik2 aja disini. dan gw terlalu menggampangkan segalanya.

gw ga tau sebenernya gw uda siap belum. saat ini gw dalam dilemma berat buat nentuin apakah next year gw bakal tetep ambil bachelor disini ato gw balik aja ke indo.

gw denger dari beberapa orang, di tempat gw sekarang ini, ga gt bgs guru2nya. mereka ga ngajar apa2. kita yg usaha2 sndiri. dikasi tugas seabrek, tapi abis dikerjain ga diliat. kalo misalnya emang kaya gt, buat apa susa2 gw put too much effort disini kalo emang lagian nyatanya design grafis disini ga bgs2 bgt. tujuan gw belajar dsini emang sekalian belajar bahasanya. jadi tar lulus2 ceritanya gw langsung punya 2 skill. graphic design dapet, mandarin dapet. tapi again, kalo misalnya gw lancar mandarin tapi selama 4taun tar menderita, buat apa jg ??

i know im kinda loser buat nyeraah ditengah jalan kaya gini. belom di tengah malah. cuma gw mikiri aja ke depannya. buat apa gw sekarng sok2 kuat, sok2 bisa ngelwatin semuanya, kalo pada prosesnya gw bener2 ga suka. gw coba buat realistis aja. gw tau mgkn gw bakal bikin bokap kecewa ma gw. tapi mo gmn lagi ? jujur sebenernya mental gw belum siap. punya sekolah yg sama terus dari tk - sma ngbuat mental gw ga kebentuk. dan again, gw ga siap.

tadi abis chat ma nyokap. dia bilang, "waktu itu kan mam uda bilang, s1nya di indo aja dulu tar baru abis itu ke cina. kamunya ngotot ga mau." yah, waktu itu gw dengan sangat bodohnya ga mikir panjang. mgkn gw cuma mikir, gw skola di luar bakal jadi keren. tanpa gw ngeliat ke gw sndiri, gw punya kemampuan cukup apa ngga. kalo kata roommate gw, persaingan disini ketat banget. yailah, menurut lo? negara penduduk 2M gini?? dan gw ga tau apakah gw siap mental buat bersaing dengan mereka semua. dan lagi2 sbenrnya gw tau, gw harus coba dan gw harus usaha. tapi ini masalahnya tentang masa depan. ga bisa yg namanya cuma coba2 doang. harus konsisten. keputusan yg bakal gw buat, bakal gw jalanin buat 4taun kedepan hidup gw. mgkn beberapa orang akan bilang, 4taun itu cuma sebentar. oh cmon ! 4taun di masa remaja itu sngat berharga. dan gw ga pengen 4taun kedepan gw dipake cuma buat struggle sama hal2 yg gw ga suka.

huff. sumpah bingung abis.
doa minta tuhan tunjukin jalan.
tiap saat gw sedikit semakin yakin buat gw balik aja ke indo.
mgkn gw akan sedikit kehilangan muka, sebagai erica yang 'kalah sebelum berperang'. tapi kalo misalnya lo tau perang lo bakal dilaksanakan selama 4taun, dan lo ga yakin lo bisa survive, dan lo masi mau in di dalam perang itu, buat gw si itu keputusan bodoh yg mementingkan harga diri. dan jujur aja si sbnernya belajar disini itu bukan murni keputusan gw yg gw bener2 pengen mau. emang gw yg mutusin pada akirnya gw skola disini. tapi bukan gw yg bikin proposal ke bokp kalo gw mo skola disini. pas itu gw cuma belum tau gimana caranya bikin keputusan buat diri sendiri di hidup gw. bokap nawarin, mo sekalian belajar mandarin, hayo aja. bokap nawarin, skola di cina, hayo aja. bokap nawarin gw di skola ini, hayo aja. dan lagi, karna gw terlalu menggampangkan segalanya. yg gw pengen sekarang cuma gw balik ke indo, kuliah dkv di indo, hidup bahagia di indo, cari kerja dulu di indo, sukur2 kalo bs gw balik lagi kesini buat ngedalemin bahasa, dan happily ever after.

AAAAAAAAARGHHH
mamaa, aku binguungg :(

No comments: